Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
ads ads ads ads

Cara Custom Domain di Blogger / blogspot

Share this history on :
Sebelum melangkah ke Tutorial Bagaimana cara setting Domain di Blogspot Berikut saya jelaskan singkat saja keuntungan jika menggunakan custom domain pada blogspot.

Ada empat Nilai lebih jika menggunakan TLD atau custom domain pada blogspot:

  1. Domain Lebih Bergengsi
    Bukan begitu? Coba pikir, http://blogbimantara.blogspot.com dengan http://blogbimantara.com lebih kerenan mana? vote terbanyak tentunya yang dot com saja tanpa blogspot. Nah, ini nilai plus pertama jika menggunakan custom domain pada blogspot.
  2. Lebih Profesional
    Kebanyakan orang berasumsi bahwa suatu blog dengan subdomain seperti blogspot itu hanya sebagai hobby saja, meskipun ada yang menjadikan blog gratisan dengan subdomain sebagai ladang bisnis atau semacamnya. Mereka beranggapan blog dengan nama domain masih dengan subdomain ( misal: http://blogbimantara.blogspot.com ) kurang profesional, karena terkesan gratis-gratis gimana. Nah, nilai plus lagi akan Anda dapatkan jika blogspot Anda diganti dengan nama domain TLD (Top Level Domain ), orang akan lebih memberikan kesan profesional terhadap blog Anda meskipun blog Anda adalah blogspot.
  3. Hosting Gratis di Blogspot
    Banyak blogger memiliki blog dengan domain TLD dan Hosting sendiri juga. Jadi mereka tindak menggunakan blogger.com sebagai tempat ngeblognya. Nah, jika kita menggunakan blogspot sebagai tempat ngeblog kita maka kita akan mendapatkan fasilitas atau temtap ngeblog tak terbatas dan gtratis! itu kelebihan memakai blogspot sebagai hosting. Jadi, kita hanya mengubah alamat atau nama domainnya saja dari http://blogbimantara.blogspot.com menjadi http://blogbimantara.com
  4. Keamanan Terjamin di Blogspot
    Untuk masalah safety, insyaallah blogspot terjamin deh
Nah, demikian 4 keuntungan jika menggunakan custom domain di blogspot.
Nah sekarang bagaimana cara mengubah domain blogspot menjadi custom domain atau domain sendiri?
Berikut langkah singkat mengubah domain blogspot.com menjadi domain sendiri atau custom domain:
  1. Beli Domain
    Anda bisa membeli domain TLD (com, net, info, org, dll) atau domain ID (co.id, web.id, dll) atau 2nd domain (co.uk, co.in, dll) di tempat penjualan domain.
    Solusi:
    Belilah domain sesuai mod Anda di tempat yang Anda sukai, pilihlah nama domain yang Anda sukai juga. Tempat pembelian domain sangat banyak, silahkan cari di Google ataupun di forum forum diskusi separti: kaskus.us, adsense-id.com dsb)
  2. Setting Domain di Panel Tempat Pembelian
    Ini penting. Sebelum mengubah nama domain blogspot menjadi custom domain yang sudah Anda beli, maka Anda harus melakukan penyetingan terlebih dahulu domain Anda.
    Note: Tutorial penyettingan ini saya ambilkan contoh dari tempat pembelian domain di rumah web
    Caranya:
    • Login lah ke tempat dimana Anda membeli domain singkatnya masuk ke akun Anda
    • Klik menu domain saya, lalu pilih nama domain yang sudah Anda beli (misal: indodesigner.net)
    • Klik tab menu DNS, lalu klik tombol Active DNS
    • Klik tombol Auto-update nameservers
    • Akan ada keterangan bahwa nameserver yang baru bisa aktif dalam waktu 24-72 jam.
      Nameserver Modifications completed successfully. You will need to allow a 24-72 hour propagation time for the DNS service to begin working.
    • Masih dalam tab menu DNS, klik tombol Manage DNS, akan muncul halaman baru, kemudian klik tab menu CNAME Records, lalu klik tombol Add CNAME Record
    • Isi Host Name dengan www , lalu isi Value dengan ghs.google.com , untuk TTL biarkan saja. Akhiri dengan klik tombol Add Record.
    • Setelah proses selesai, klik tab A Records. kemudian klik tombol Add A Record
    • Untuk Host Name biarkan kosong, isi Destination IPv4 Address dengan 216.239.32.21 , untuk TTL biarkan apa adanya. Kemudian klik tombol Add Record
    • Lakukan langkah Add A record sebanyak 3 kali lagi, namun IP yang di masukkan adalah nomor 216.239.34.21 , 216.239.36.21 , 216.239.38.21 . Sehingga nanti akan ada 4 records yang dihasilkan
    • Langkah penambahan IP diatas dimaksudkan agar blog anda tidak mengalami error apabila diakses tanpa www.
    • Untuk setting CNAME pada domain telah selesai, langkah selanjutnya adalah setting pada blog anda yang di blogger.
  3. Cara Setting Custom Domain di Akun Blogger
    • Masuk ke Akun blogger
    • Klik Pengaturan untuk yang mau di custom domain
    • Klik tab Publikasikan
    • Klik Domain Ubahsesuaian
    • Klik Beralihlah ke pengaturan lanjut
    • Isilah Domain Anda dengan nama domain yang tadi disetting DNS nya, jangan lupa sertakan www didepannya. formatnya adalah www.domainanda. Contoh www.indodesigner.net. Isilah verifikasi kata yang ada dan akhiri dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.
    • Selesai. Jika Anda disuruh untuk mengklik OK sekali lagi, maka kliklah ok satu kali lagi
Proses Custom domain blogger telah selesai, namun biasanya memerlukan waktu agar blog anda bisa diakses menggunakan domain baru. Proses ini biasanya memakai waktu paling lama 24 jam, namun banyak yang hanya dua atau tiga jam telah selesai, dan blog anda bisa diakses dengan domain anda.

Selamat mencoba dan semoga blog anda semakin tampil lebih professional.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Jika Anda menyukai Artikel ini Silahkan beri Komentar dengan Santun.komentar yang tidak santun akan di anggap spam dan akan di delete

Silahkan Masukkan Email Anda untuk Berlangganan Gratis Artikel Blog Bimantara: