Makanan Penunjang Kesuburan

Share this history on :
Jika Anda mencoba untuk hamil, maka Anda harus menyadari makanan mempunyai pengaruh besar terhadap tingkat keberhasilan pembuahan. Dengan kata lain, kesuburan akan meningkat jika kita memenuhi zat-zat gizi yang diperlukan. Berikut ini adalah makanan yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda khususnya perempuan, yang dianggap dapat meningkatkan fertilitas:

1. Serelia utuh
Tak perlu memusuhi karbohidrat demi mencapai berat badan idaman. Yang diperlukan adalah membuat pilihan yang bijak, misalnya dengan memilih karbohidrat kompleks. Jenis ini tersedia dalam bentuk beras merah, oatmeal, roti gandum dan tepung jagung. Karbohidrat kompleks tidak memiliki efek buruk pada tingkat gula darah dan insulin seperti karbohidrat olahan pada umumnya. Makanan yang menyebabkan berfungsinya insulin juga baik untuk kesuburan.

2. Protein nabati
Tanaman berbasis protein seperti kacang polong, buncis dan kacang tanah dipercaya dapat meningkatkan kesuburan tidak seperti protein yang berasal dari hewani seperti daging merah dan unggas. Kacang juga memiliki kandungan besi yang tinggi, yang dapat meningkatkan kesuburan. Dalam hal ini, Anda tidak diwajibkan untuk berubah menjadi seorang vegetarian, tetapi Anda hanya dianjurkan untuk membatasi konsumsi protein hewani.

3. Batasi susu tinggi lemak
Sebuah penelitian di Harvard menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi produk susu tinggi lemak mengalami lebih sedikit masalah dalam ovulasi dibandingkan dengan mereka yang makan susu rendah lemak atau tanpa lemak. Anda dapat menyiasatinya dengan minum satu gelas susu per hari atau menggantinya dengan susu non fat.

4. Buah dan sayuran segar
Buah dan sayuran segar selalu bermanfaat untuk kesuburan. Buah-buahan dan sayuran segar mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh disamping juga kesehatan reproduksi. Selain itu, buah-buahan jeruk, sayuran hijau dan stroberi mengandung folat yang tinggi. Tambahkan makanan ini dalam menu harian jika Anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat.

5. Lemak Sehat
Lemak yang dianggap sehat adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3. Karena lemak ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan karenanya baik untuk kesuburan. Kacang-kacangan, alpukat, biji labu, salmon dan wijen dan sarden adalah sumber yang baik dari asam lemak esensial.
Disamping itu, Anda juga harus mengontrol untuk mengkonsumsi makanan olahan, makanan yang tinggi gula, lemak trans serta lemak jenuh. Anda dapat menyiapkan makanan lezat dan makanan ringan dengan menggabungkan kelima item diatas melalui resep menyenangkan.
Sumber:lifemojo


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika Anda menyukai Artikel ini Silahkan beri Komentar dengan Santun.komentar yang tidak santun akan di anggap spam dan akan di delete

Silahkan Masukkan Email Anda untuk Berlangganan Gratis Artikel Blog Bimantara: